Bogor РTim Pramuka SRA atau biasa disebut KOPASKAS (Komando Pasukan Ksatria SRA) memeriahkan PELATUK (Pramuka Tajuk Ukhuwah) Darurrahmah 2024 dengan penuh semangat. Pasukan khusus Pramuka milik Sekolah Rakyat Ancol (SRA) ini tampil penuh percaya diri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darurrahmah, Gunung Putri Bogor, Jawa Barat. Empat belas anggota pilihan siswa-siswi SRA ini dipimpin langsung oleh Kak Fatan Faqihul Wafa, salah satu guru SRA dan pembina Pramuka. Untuk pertama kalinya setelah tiga tahun terakhir, SRA akhirnya kembali mengikuti kegiatan perlombaan. Tidak tanggung-tanggung, lomba yang diikuti yaitu PELATUK  Ponpes Darurrahmah 2024 yang mana diikuti oleh 24 Pondok-pondok Pesantren, Mts (Madrasah Tsanawiyah) dan juga SMP (Sekolah Menengah Pertama) se-Jabodetabek. Lomba yang terdiri dari 7 divisi ini, berlangsung ketat dan seru. Adapun ketujuh lomba itu adalah LKBB-T, Variasi Yel-yel, Hasta karya, Pioneering, Sandi Morse dan Smaphore, Pidato dan Pramuka Pintar. Meskipun menjadi kuda hitam dalam ajang ini, namun nyatanya KOPASKAS sama sekali tidak merasa minder dengan peserta lain. Mereka tampil penuh percaya diri seolah-olah sudah sering mengikuti kegiatan ini.

KOPASKAS Memeriahkan PELATUK Ponpes Darurrahmah 2024

Sebelum mengikuti ajang ini, persiapan yang dilakukan cukup singkat. Hanya dalam waktu sebulan, siswa siswi SRA ditempa latihan yang intens dan penuh konsentrasi. Bahkan Kak Fatan sebagai Komandan tertinggi KOPASKAS, menurunkan langsung beberapa pelatih Pramuka dari luar SRA. Mereka dimintai bantuan untuk melatih perlombaan kali ini. Kak Fatan menjelaskan bahwa ajang perlombaan kali ini yang dicari bukan sebuah piala atau kemenangan, tapi yang terpenting adalah pengalaman yang dirasakan.

“Dalam ajang perlombaan kali ini kita tidak muluk-muluk, yang penting anak-anak semuanya punya pengalaman dalam kepramukaan apalagi perlombaan kali ini tingkatnya sudah cukup tinggi, se-Jabodetabek” ujar Kak Fatan ketika ditemui di ruang kantor guru SRA.

2 Piala Berhasil Diboyong KOPASKAS

Seperti kata pepatah, proses tidak akan pernah mengkhianati hasil. Setelah berjuang latihan sebulan penuh dari pagi, siang dan malam, akhirnya KOPASKAS berhasil membawa pulang 2 piala kemenangan. Masing-masing, piala dimenangkan oleh dua divisi lomba yaitu juara 3 lomba Variasi Yel-yel dan juara harapan 2 Hasta karya. Meski tidak mendapatkan juara umum, namun pencapaian ini sudah cukup baik. Dengan baru pertama kali mengikuti kegiatan ini dan lawannya pun tidak bisa diremehkan, setidaknya sebagai sekolah yang belum berpengalaman dalam Pramuka, SRA sudah cukup tampil baik dalam ajang perlombaan Pramuka kali ini dan menduduki peringkat ke-8 secara nilai keseluruhan dari 24 sekolah yang berpartisipasi dalam lomba Pramuka se-Jabodetabek ini.

“Ini adalah hasil proses kalian selama sebulan kemarin. Boleh senang, tapi jangan pernah puas sampai disini. Perjalanan kita masih panjang, akan ada lomba-lomba Pramuka selanjutnya. Jadi, Kakak minta untuk tetap terus berlatih dan berusaha” ujar Kak Fatan sesaat setelah pembagian piala di depan seluruh anggota KOPASKAS.

Adapun Juara umum pada PELATUK Darurrahmah 2024 kali ini jatuh kepada SMP Yaskitta Bogor. Harapan ke depannya, SRA bisa mengikuti kembali ajang perlombaan Pramuka di kesempatan lainnya dan meraih prestasi yang lebih baik.
Rep: FR/ Red: AKH

Leave a Comment